You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Musdes Pokja Kampung KB

Administrator 03 Juli 2019 Dibaca 406 Kali

Desa Nomporejo merupakan salah satu desa yang menjadi kampung KB. Dasar pembentukan kampong KB di Desa Nomporejo ini dikarenakan Desa Nomporejo menjadi Lokus Intervensi Stunting. Tujuan dari dibentuknya kampong KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditinngkat desa melalui program kependudukan KB dan membangun keluarga serta pembangunan sektor terkait terutama penurunan stunting dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas. Dan telah dibentuk struktur pengurusan pokja kampong KB.

Selasa, 2 Juli 2019 telah dilaksanakan musdes pokja kampong KB di balai desa nomporejo. Kegiatan ini diadakan untuk menindaklanjuti hasil musdes pokja kampong KB yang sebelumnya dengan hasil rencana kerja pokja kampong KB sesuai bidang berdasarkan 8 fungsi keluarga. Kegiatan pada masing-masing bidang diantaranya adalah (1) bidang agama akan diadakan pembentukan kelompok jamaah muda mudi islam, pertemuan rutin. (2) bidang social budaya akan memsosialisasikan kampong KB dengan gelar budaya ketoprak, dan pertyemuan pedukuhan serta jamaah tahlil. (3) bidang kasih sayang akan melakukan tabulin/ tabungan ibu bersalin, dan donor darah. (4) bidang perlindungan dari kekerasan dengan pendewasaan usia perkawinan (5) bidang pendidikan dengan kegiatan meningkatkan keterampilan bagi yang belum punya pekerjaan.(6) pada bidang ekonomi dengan melakukan kegiatan pembinaan usaha kecil rumah tangga dan pemanfaatan pekarangan rumah. (7) bidang lingkungan dengan kegiatan budidaya tanaman TOGA dan sosialisasi sampah. (8) serta pada bidang reproduksi dengan banyak kegiatan seperti pelayanan KB, sosialisasi kesehatan reproduksi untuk remaja, pemeriksaan ibu hamil dan lain-lain.

Dalam meningkatkan kegiatan di kampung KB, peran serta masyarakat sangat diperlukan untuk kesinambungan kegiatan dan tercapainya cita-cita kampung KB. Faktor pendukung dari pembentukan Kampung KB ini juga dengan adanya kegotong-royongan masyarakat yang tinggi, komitmen masyarakat terhadap kegiatan Kampung KB serta dukungan dari berbagai lintas sektoral serta dukunganan APBDes dari Desa. Semoga dengan dibentuknya Kampung KB di Desa Nomporejo menjadi percontohan Kampung KB di desa yang lain demi meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan