You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Bimtek Asuhan mandiri Tanaman Obat Keluarga (ASMAN TOGA)

Administrator 11 Oktober 2021 Dibaca 632 Kali
Bimtek Asuhan mandiri Tanaman Obat Keluarga (ASMAN TOGA)

Bimbingan Teknis Asman Toga dilaksanakan hari ini, Senin 11 Oktober 2021 di Pendopo Kapaanewon Galur. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo dan dihadiri oleh Panewu Galur, Kepala Jawatan Sosial Kapanewon Galur, Kepala Jawatan Kemakmuran Kapanewon Galur,Lurah se-Kapanewon Galur, Puskesmas, Ketua PKK se-Kapanewon Galur, serta Pokja 3 dan 4 TP PKK Galur.  Acara dibuka oleh Bapak Sunarya selaku Panewu Galur sekaligus menyampaikan mengenai toga dan apa saja yang termasuk dalam toga beserta manfaatnya. Kemudian dilanjutkan oleh Ibu Vivianti dari sie Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo yang menyampaikan bahwa toga untuk membantu mengatasi masalah kesehatan ringan pada keluarga. Adapun sasaran dari bimtek ini ialah perorangan, keluarga, dan kelompok masyarakat seperti karang taruna, PKK, desa siaga, kelompok wanita tani, dasawisma, pusbindu, posyandu, dll. Harapan dari diadakannya bimtek ini adalah agar setiap rumah dapat menanam tanaman toga minimal 10 jenis tanaman. 

Kegiatan terakhir adalah praktik membuat sirup jahe yang dipandu oleh Ibu Dinar Astuti. Berikut adalah bahan pembuatan sirup jahe yang telah disampaikan oleh ibu Dinar:

1. 1/2 kg jahe

2. 1 batang sereh (1:10 dengan banyaknya jumlah jahe)

3. 1 kg gula jawa

4. 1,5 liter air

Dengan semangat "Ayo... mesem to gaes!" mari menanam sepuluh macam tanaman berkhasiat obat. Keluarag nyaman, keluarga sehat.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan