You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Sosialisasi DAHSAT (Dapur Sehat Atasi Stunting)

Administrator 26 November 2021 Dibaca 2.607 Kali
Sosialisasi DAHSAT (Dapur Sehat Atasi Stunting)

Sosialisasi DASHAT (Dapur Sehat Atasi Stunting) dalam rangka Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan telah dilaksanakan pada hari Jumat 26 November 2021 bertempat di Aula Adikarta. Acara ini diselenggarakan oleh TP PKK Kabupaten Kulon Progo bekerjasama dengan Dinas PMD Dalduk KB. Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini diawali dengan pembukaan untuk selanjutnya dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars PKK, dan Mars KB. Tidak lupa pula disampaikan laporan dari Dinas PMD Dalduk KB, bahwa pada Bulan Oktober DASHAT sudah diresmikan di Padukuhan Kroco, Kalurahan Sendang Sari, Kapanewon Pengasih untuk percontohan. Pada intinya, DASHAT tujuannnya untuk mencegah stunting. Kemudian sambutan Bupati Kulon Progo dilanjutkan membuka acara sosialisasi DASHAT. Dalam sambutannya, bapak bupati menyampaikan bahwa menangani Stunting tidak hanya pada saat anak lahir tetapi mulai sejak dari calon orang tua dan anak dalam kandungan.

Dilanjutkan dengan inti sosialisasi, ada 3 narasumber yaitu: 
1.  Materi pertama dari Ketua TP PKK Kabupaten Kulon Progo
Inti materi: PKK berperan dalam mengatasi stunting melalui 10 program pokok PKK dengan tujuan mencapai kemajuan dan kesejahteraan keluarga, sehingga angka stunting dapat diturunkan. 
2. Materi kedua dari BKKBN Provinsi DIY
Inti materi: 
* Strategi pencegahan dan penurunan angka stunting melalui DASHAT di Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) launching pada 20 Oktober 2021 di 12 provinsi, salah satunya di provinsi DIY, salah satunya di kabupaten Kulon Progo yaitu ada di Padukuhan Kroco, Sendangsari, Pengasih.
* Adanya kebijakan baru terkait dg kampung KB yaitu yang semula Kampung KB = Kampung Keluarga Berencana, sekarang menjadi Kampung Keluarga Berkualitas.
* Pelaporan kegiatan kampung kb melalui website kampung KB harus rajin diupdate sehingga nanti akan terlihat progresnya.
* DASHAT 
Latar belakang adanya DASHAT: BKKBN sebagai pelaksana penurunan stunting
DASHAT adl kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga bersiko stunting terutama dari keluarga kurang mampu melalui pemanfaatan sumberdaya lokal.
Tujuan DASHAT: meningkatkan kualitas gizi masyarakat dalam mengentaskan stunting.
Pelaksanaan DASHAT: pemerintah kalurahan melalui pengembangan kelembagaan lokal.
Target: bumil, busui, balita, caten
Pendanaan DASHAT: mandiri, apbd/apbn, bumdes, csr, koperasi/ pegadaian, dana desa.
3. Materi dari Ketua pokja 4 pkk kab Kulon Progo sekaligus kepala dinas kesehatan kabupaten kulon Progo.
Inti materi: Juknis keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan