You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Penyampaian HAsil SMD Tahun 2023

Admin Kalurahan 14 Juni 2023 Dibaca 330 Kali
Penyampaian HAsil SMD Tahun 2023

Rabu, 14 Juni, 2023. Menindaklanjuti hasil koordinasi antara Pemerintah Kalurahan Nomporejo dengan Puskesmas Galur II terkait penyusunan rencana kegiatan berdasarkan hasil Survei Mawas Diri (SMD) Bidang Kesehatan, maka telah dilaksanakan Musyawarah Masyarakat Kalurahan bidang Kesehatan sesuai hasil SMD Tahun 2023 tentang Penanganan Penderita Hipertensi Tidak Tertangani. Musyawarah dihadiri oleh seluruh Pamong Kalurahan Nomporejo, Perwakilan BPKal, Ketua TP PKK Kalurahan Nomporejo, Ketua Pokja IV TP PKK Kalurahan Nomporejo, perwakilan karang taruna, perwakilan LPMD, koordinator kader sehat, dan koordinator atau perwakilan kader posbindu. 

Hasil SMD disampaikan oleh Ibu Rina dari Puskesmas Galur II, yang memaparkan mengenai kasus hipertensi dan jumlah penderita hipertensi yang ada di Kalurahan Nomporejo yang tidak tertangani karena belum mengerti betul tentang bahaya hipertensi. Masyarakat hipertensi tidak tercover nakes karena kesibukan dan juga penderita yang masuk dalam data puskesmas rata-rata adalah perempuan, karena yang sering bertemu dengan nakes adalah perempuan. Rencana tindak lanjut dari musyawarah hari ini antara lain pengadaan sarana prasarana medis desa nomporejo di seperti alat pengukur tensi dipercepat, sasaran untuk bapak-bapak di jemput setelah jumatan, melakukan skrining di kelompok muda mudi malam hari, dan kegiatan lain yang bersifat kelompok.

Dengan adanya musyawarah hari ini, dapat diketahui bahwa masyarakat kurang menyadari bahaya hipertensi, Puskesmas menghimbau untuk melakukan skrining 2 x setahun, pemantauan oleh  kader kesehatan dan PKK, sarana disegerakan, mengupdate kader untuk pemeriksaan tensi,
melakukan pelatihan kepada 3 kader pada tahun ini, dan membuat buku monitoring.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan