You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Koordinasi dan Pengenalan RDK

Admin Kalurahan 26 Juni 2023 Dibaca 345 Kali
Koordinasi dan Pengenalan RDK

Rabu, 21 Juni 2023 Balai Penyuluh KB Kapanewon Galur telah mengadakan Koordinasi dan Pengenalan RDK bertempat di Balai Penyuluh KB Kapanewon Galur. Acara dimulai pukul 08.30 WIB, dibuka dengan membaca Bismillah Bersama-sama. Sambutan disampaikan oleh Kepala Penyuluh KB Kapanewon Galur Ibu Dra Siti Sundari. Beliau menyampaikan selamat kepada Rumah Data Kependudukan Kalurahan Nomporejo yang sudah melaksanakan kegiatan koordinasi RDK Nomporejo. Beliau berpesan bahwa nanti manfaat dari rumah data kependudukan ini akan sangat besar bagi Kalurahan dalam perencanaan desa.

Bapak Lurah menyampaikan bahwa Rumah data Kependudukan akan menjadi sebuah basis data yang dapat diperbaharui sesui dengan kebutuhan desa. Kebutuhan data yang terbaru sangat penting dalam mengelola dan mengeluarkan kebijakan desa.

Narasumber disampaikan oleh Ketua RDK Nomporejo Eka Herdi Nugraha. Penjelasan awal terkait dengan defines rumah data kependudukan, manfaat, jenis dan tantangan kedepannya. Kemudian juga dipaparkan Manfaat adanya rumah data dalam siklus perencanan Desa. Jenis rumah data juga terdiri dari berbagai hal yaitu sederhana, Lengkap dan paripurna. Untuk struktur Pokja Rumah Data juga terdiri dari Pengarah, Ketua Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara, Seksi Penyediaan Data Keluarga dan Dokumen Kependudukan, Seksi Perubahan Perilaku Keluarga, Seksi Peningkatan Cakupan Layanan dan Rujukan Pada Keluarga dan Seksi Penataan Lingkunagn Keluarga dan Masyarakat. Untuk Sarana dan prasaran Rumah data terdiri dari Papan Nama Rumah data, Buku Data, Sarana Penyajian/Display, Buku Saku dan Sarana Pengolahan Data. Untuk kedepan akan dioptimalkan digitalisasi Data yang ada.  Untuk Aplikasi Web dari BKKBN terdiri dari 2 yaitu New Siga dan Rumahdataku. Untuk Contoh Kalurahan atau Desa yang sudah maju adalah Desa Condongcatur dan Kelurahan Panggungharjo serta Desa Panggungharjo. Ketiga des aini sudah mampu meningkatkan partisipasi warga dalam system perencanaan melalui data yang valid dalam pendataan keluarga. Outputnya akan dibahas dalam musyawarah kalurahan dan dibahas dalam tim rkp. Untuk Rumah Data Kependudukan Nomporejo akan Langkah paling dekat adalh untuk mengupdate data dan mengolah serta mendisplaykan.

Untuk diskusi di isi dengan memaksimalkan leptop kader untuk pertemuan selanjutnya untuk entri Bersama Bersama kader dan disepakati di Bulan Juli 2023. Acara ditutup dengan membaca hamdallah Bersama sama.

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan