You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Rapat Koordinasi Gapoktan

Admin Kalurahan 10 Juli 2023 Dibaca 191 Kali
Rapat Koordinasi Gapoktan

Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Nomporejo rutin melaksanakan rapat koordinasi membahas hal - hal terkait dengan pertanian. Pada hari Senin, 09 Juli 2023 rapat koordinasi gapoktan dilaksanakan di Rumah Bapak Bambang Hascaryo dimulai pukul 20.00 WIB. Pada kesempatan itu membahas mengenai perlunya regenerasi pengurus gapoktan maupun anggota gapoktan, serta meningkatkan semangat dari anggota untuk hadir serta berpartisipasi dalam kemajuan pertanian di wilayah Nomporejo.
Selain itu, ketua Gapoktan yaitu Bapak Maridi menyampaikan kembali hasil sharing budidaya durian yang dilaksanakan di Rumah Bapak Catur Hari Suharto, Nampan, Nomporejo. Sharing budidaya durian membahas beberapa hal, antara lain:
1. jenis durian
2. jarak tanam dan cara tanam
3. pemupukan
4. usia produktif
5. hama penyakit tanaman
6. perlakuan pasca buah
 Dalam pelatihan penanaman pohon durian dan cara pembuahannya di pekarangan tersebut disampaikan bahwa untuk wilayah Indonesia Palu merupakan penghasil durian montong terbaik. Selain durian montong, 3 jenis durian permintaan tinggi yaitu:
1. musangking, malaysia
2.duri hitam/ochi/black ton
3.bawor (dr thai) /chani
Dari 3 jenis durian tersebut, Bapak Catur Hari merekomendasikan jenis durian bawor. Dilihat dari standar buah, rasa, warna, tektur daging, ketebalan durian jenis bawor sudah masuk standar kriteria tersebut.
Standar jarak tanam pohon durian minimal adalah 10 x 10 m2, akan tetapi karena di pekarangan yang luasannya terbatas, bisa dipersempit dan menggunakan metode pruning, yaitu memangkas cabangan ranting. Penggunakan antara pupuk kimia dan pupuk kompos harus seimbang. 
Cara tanam pohon durian yaitu mangkok terbalik( diameter 2 m, ketinggian 1 m). Gundukan tanah dicampur sekam bakar. Pemupukan dilakukan rutin, dengan dosis yg terukur. Dalam 1 tahun dibagi 3 sampai 4 kali. Kunci pemupukan adalah rutin.
 Hama pada tanaman durian antara lain: kutu, ulat, belalang, dan virus. Obat yang digunakan untuk mengatasi hama tersebut adalah obat semprot. Jika tidak diatasi, hama tersebut akan menyebabkan kerdil/menghambat tumbuh pohon, karena tanaman durian termasuk tanaman yang sensitif. Jika serangan hama meningkat yang perlu dilakukan adalah meningkatkan durasi semprot, bukan meningkatkan dosis.
 Bapak Catur Hari bersedia menyediakan 100 bibit durian untuk di tanam anggota gapoktan.Diharapkan anggota gapoktan mempersiapkan lokasi tanam serta media tanamnya. Beliau berharap penanaman tanaman durian ini dapat sukses dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nomporejo.

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan