You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Pelatihan Pengembangan Growol

Admin Kalurahan 17 Juli 2023 Dibaca 381 Kali
Pelatihan Pengembangan Growol

Universitas Respati Yogyakarta (UNRIYO) mengadakan pelatihan pengembangan growol  di Padukuhan Pandowan Kalurahan Nomporejo sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan tersebut diikuti oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Padukuhan Pandowan dan didampingi oleh Pemerintah Kalurahan Nomporejo selama dua hari yaitu pada hari Sabtu dan Minggu, 15 – 16 Juli 2023.

Materi pelatihan pada hari Sabtu yaitu pembuatan produk tepung, keripik, kukis, brownies dari growol. Kegiatan diawali dengan pre test, yaitu mengisi check list  yang sudah disediakan oleh narasumber, antara lain seputar makanan fermentasi, hubungan growol dengan penyakit diabetes, dan potensi dari growol itu sendiri. Kemudian pemaparan materi disampaikan oleh dosen UNRIYO, dilanjutkan dengan praktik pembuatan tepung, keripik, kukis, dan brownies yang berbahan dasar dari growol. Setelah selesai pemaparan materi dan praktik, peserta pelatihan diminta kembali mengisi post test.

Setelah pelatihan pertama tentang proses pembuatan makanan berbahan dasar growol, pada hari ke dua pelatihan difokuskan pada pengemasan, labeling,  dan pemasaran produk. Seperti pertemuan sebelumnya, peserta diminta mengisi pre test  terlebih dahulu, mengenai pemanfaatan plastik, teknik kemas, alat kemas, penyimpanan produk, label, dan media pemasaran yang dilanjutkan pemaparan materi. Setelah pemaparan materi dilanjutkan diskusi. Bahkan beberapa peserta langsung meminta pendampingan kepada pemateri dalam membuat WA Business  karena melalui WA Business pengusaha/pedagang dapat membuat catalog, sehingga dapat membagikan informasi produk dengan mudah.

Kegiatan diakhiri dengan post test  dan penyampaian kesan dan pesan. Pemerintah Kalurahan Nomporejo, khususnya Padukuhan Pandowan menyampaikan terima kasih kepada Ibu Silvy, Ibu Desti, Bapak Andre, dan tim, serta Universitas Respati Yogyakarta secara umum, karena telah memberikan pelatihan secara komplit mulai dari pelatihan pembuatan produk, pengemasan, sampai pada pemasarannya. Semoga dengan adanya pelatihan pengembangan growol dapat bermanfaat menjadi sebuah penggugah semangat untuk Padukuhan Pandowan dalam mengolah growol karena growol merupakan salah satu makanan khas Kabupaten Kulon Progo.(I/W)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan