Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Artikel

Peningkatan Kapasitas Pamong Kalurahan Nomporejo

01 Oktober 2020 14:47:31  Administrator  317 Kali Dibaca  Berita Desa

Rabu 30 September 2020 kemarin Pemerintah Kalurahan Nomporejo mengadakan peningkatan kapasitas pamong kalurahan yang dihadiri oleh seluruh pamong Kalurahan Nomporejo dan anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan Nomporejo. Acara yang berlangsung dari pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 12.30 WIB ini diisi dengan materi mengenai pelaksaaan pemerintahan kalurahan yang disampaikan oleh Bapak Joko Sunanto, SH dari Dinas PMD Dalduk dan KB.

Pemerintahan kalurahan adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Penyelenggaraan pemerintahan kalurahan merupakan koordinasi pemerintah kalurahan dan BPK sebaga unsur pengawasan. Lurah bertugas sebagai pemegang kekuasaan pengelolan keuangan kalurahan dan  pengelolaan aset kalurahan, serta berwenang dan bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan kalurahan dan pengelolaan aset kalurahan. Tugas pamong kalurahan antara lain penyelenggaraan pemerintahan kalurahanpelaksanaan pembangunan kalurahanpembinaan kemasyarakatan kalurahanpemberdayaan masyarakat kalurahanpenanggulangan bencana, keadaan darurat dan mendesak kalurahanBadan Permusyawaratan Kalurahan (BPK) meupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pemerintahan yang anggotanya merupakan wakil dari penduduk kalurahan berdasarkan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis. Fungsi BPK diantaranya membahas dan menyepakati rancangan peraturan kalurahan bersama lurahmenampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat kalurahan dan melakukan pengawasan kinerja lurah. Penyelenggaraan pemerintahan kalurahan dengan memperhatikan kewenanganpenyelarasan dengan pemerintah dan sinkronisasi kebijakan. Dengan mempertimbangkan asas kepastian hukum, tertib penyelenggaraan pemerintahan, tertib kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas, akuntabilitas, efektivitas dan efisiensi, kearifan local, keberagaman dan partisipatif.

Dengan adanya peningkatan kapasitas pamong kalurahan ini diharapkan seluruh pamong kalurahan dapat memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : SOROGENEN NOMPOREJO
Kalurahan : NOMPOREJO
Kapanewon : GALUR
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55661
Telepon :
Email : Desanomporejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:703
    Kemarin:590
    Total Pengunjung:207.814
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:34.229.119.176
    Browser:Tidak ditemukan

Statistik SID