You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Kalurahan NOMPOREJO
Kalurahan NOMPOREJO

Kap. GALUR, Kab. KULON PROGO, Provinsi DI Yogyakarta

Selamat datang di website Kalurahan Nomporejo

Nomporejo Zero TB

Admin Kalurahan 03 Juni 2022 Dibaca 226 Kali
Nomporejo Zero TB

Dalam rangka Kapanewon Galur nol penderita TBC maka pada hari Jumat tanggal 27 Mei 2022, Zero TB Yogyakarta bersama Puskesmas Galur 2  melaksanakan  pemeriksaan TB menggunakan rontgen  dada   dan gratis. Bertempat di aula Kalurahan Nomporejo dan menggunakan satu mobil khusus untuk foto rontgent. Pelaksanaan pemeriksaan dilakukan untuk 6 Padukuhan, yaitu pedukuhan Dukuh Kilung Kranggan, dan Padukuhan 4 Nepi Kranggan, Padukuhan Pandowan I dan Sorogenen, Padukuhan Barongan dan padukuhan Gandu Kalurahan Nomporejo. Pelaksanaan pemeriksaan ini  diikuti oleh sekitar 80 Peserta.

Pelaksanaan kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya pencapaian SDGs Desa yaitu Desa Sehat dan Sejahtera, dengan sasaraan pembangunan Desa yaitu menjamin hidup sehat dan meningkatkan kesejahteraaan untuk semua usia (Good Healt and Well Being)

Kerjasama dengan pihak lain yang peduli sangat diperlukan mengingat keterbatasan pemerintah kalurahan, Zero TB Yogyakarta, Puskesmas Galur 2 dan Pemerintah Kalurahan Nomporejo bekerjasama dalam mewujudkan DIY bebas TBC melalui 3 elemen penting yaitu penemuan kasus TBC Secara Aktif, Pengobatan TBC yang efektif dan Pencegahan TBC.

Untuk melaksanakan Pencegahan dan mewujudkan Nomporejo bebas TB, masing-masing Padukuhan mempunyai satu orang kader TB  yang merangkap kader Posyandu. Pelaksanaan pemeriksaan TBC dengan Foto Ront gen yang dilakukan di Kalurahan Nomporejo, juga ikut aktif kader TB dari kapanewon Galur yaitu Ariyanti, Kader TB dari Kalurahan Kranggan, Saputri dari Kalurahan Nomporejo dan Destri Winarsih dari Kalurahan Kranggan, bersama dengan 10 orang dari Fakultas  Kedokteran UGM, yang beralamat di  Gedung penelitian dan pengembangan FK-KMK UGM Lantai 2 sayap utara, Jalan Medika Senolowo, Sinduadi Mlati, Sleman.  dan Fajar Ikha dari Puskesmas Galur 2. (Esw)

 

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image

APBDes 2022 Pelaksanaan

Pendapatan
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pendapatan

Hasil Usaha Desa
Rp100,000 Rp100,000
100%

APBDes 2022 Pembelanjaan